mysql ecosystem

barusan aja melihat rekaman video dari MySQL Conference 2010 yang dipresentasikan oleh founder mysql Monty Widenius. Dalam video ini Monty coba menjelaskan
  • kebangkitan open source dll
  • akusisi MySQL
  • Project-project baru yang lahir dari bagian ekosistem MySQL (Percona "ExtraDB", MariaDB, Drizzle, dll)
  • dan tak ketinggalan adalah detail informasi  dari MariaDB
  • dan yang terakhir adalah dreamnya si Monty tentang ekosistem dari pengembangan MySQL ini. dan  pada point yang terakhir tersebut inilah yang membuat aku ingin menuliskan sesuatu disini.
seperti yang kita ketahui open source ekosistem mungkin bagi beberapa orang yang fanatik dengan closed source akan terasa aneh dan "muntah", karena bagi mereka open source berarti gratis dan tidak akan mendapatkan suatu imbalan. Tetapi sebenarnya menurutku itu salah, seperti yang dikatakan oleh Richard Stallman
it's not about free beer, it's about free speech..
 belajar dari situ kita akan coba mengenal MySQL ekosistem yang tentunya juga lahir dari Open Source ekosistem dan mungkin juga bisa di katakan sama. Pada point kelima tadi ada 5 sub point lagi, berikut akan kita bahas satu persatu. Sebelum membahas lebih jauh mungkin ada yang belum mengetahui apa arti kata dari ekosistem ;)

Ekosistem merupakan kesatuan dari seluruh komponen yang membangunnya. Di dalam suatu ekosisiem terdapat kesatuan proses yang saling terkait dan mempengauhi antar semua komponen
sumber http://pengertianekosistem.blogspot.com/
  1. MySQL is an ecosystem, not just a company.
  2. Lebih luas lagi pengertian mysql yang tidak hanya di definisikan sebuah perusahaan yang menghasilkan sebuah produk perangkat lunak database, tetapi lebih merujuk ke sebuah ekosistem dimana setiap entiti/objek yang berkaitan dengan ekosistem tersebut dapat berkontribusi dan juga mendapatkan keuntungan dari ekosistem tersebut. Intinya adalah adanya hubungan timbal balik antara entiti-entiti yang berhubungan dengan ekosistem tersebut.
  3. Re-build where everything is open source.
  4. Sesuai dengan semangat Open Source, bahwa kita bisa mendapatkan source codenya, dan mungkin merubah sesuai dengan kebutuhan kita, saat ini yang bisa kita lihat dari MySQL ini adalah adanya branch-branch yang lain dari MySQL misal Drizzle, XtraDB, MariaDB, Ourdelta, dan mungkin patch-patch yang lain.
  5. Engineers - developers & QA, work together, employed by different companies.
  6. Ex-MySQL banyak yang bekerja pada perusahaan lain yang mungkin juga membutuhkan MySQL sebagai database back-end nya. Jadi mereka bekerja pada perusahaan untuk mensupport agar operasional perusahaan bisa jalan, dengan memberikan patch-patch perbaikan pada MySQL ataupun produk mereka sendiri dan secara tidak langsung perbaikan-perbaikan yang mereka rilis tersebut di masukkan juga ke MySQL. Contoh adalah Google, Facebook dll. Selain itu mereka juga bisa memberikan review pada MySQL dari defect hingga ke bug, sehingga proses debugging ini bisa lebih cepat karena di lakukan oleh banyak orang dan dalam situasi yang tentunya beragam. Dan ini dapat membuat MySQL dapat mudah untuk di adaptasikan dengan situasi yang beragam pula.
  7. Contribute code to one main trunk
  8. Dengan munculnya project yang merupakan cabang dari project utama, juga di harapkan contribusi terhadap project yang utama, sehingga setidaknya project utama juga terupdate lebih cepat
  9. Multiple service companies offering enterprise grade global 24/7 support
  10. dengan adanya para expert inilah yang akan menentukan ekosistem ini akan dapat bertahan atau tidak, kelebihan dari multiple sevice perusahaan ini adalah mungkin pada harga dan juga ketepatan servicenya, jika saja di indonesia ada perusahaan seperti percona, phytian mungkin saja pada pricenya bisa lebih murah, selain karena regional tentunya kita tidak harus membayar dalam US Dollar. dan juga pada dasarnya suatu software yang kita beli adalah berupa jasa, jasa dari para programmer yang dapat membuat pekerjaan menjadi lebih cepat dan mudah. Dan kalo tentang MySQL ini yang kita butuhkan adalah jasa untuk mengkonfigurasi supaya database ini bisa berjalan optimal dan stabil.

dan setidaknya dengan adanya mysql ekosistem ini membuat saya lebih tertarik untuk masuk kedalam ekosistem tersebut, ya minimal nantinya dengan berkontribusi dengan membantu user lain, setidaknya ingin mencoba naik ke level yang lebih tinggi dari yang selama ini saya lakukan. dan impian besar lainnya adalah ingin menciptakan percona atau phytian lainnya.

salam...

Comments