Project Humanity

2 hari yang lalu pada waktu perjalanan menuju banyuwangi (untuk dateng pada acara pentahbisan mbak Diah (kakaknya cewekku) menjadi pendeta GKI basis pelayanan banyuwangi ). Nah Dalam perjalanan itu aku ditawari oleh seorang penjual koran sebuah tabloid komputek. Aku ngga tau darimana dia tau aku hobi komputer. (mungkin insting dari penjual koran ya.. :0 ).

Pada bagian halaman pertama aku membaca sebuah judul: "Lewat World Community Grid IBM dan Ilmuwan Perguruan Tinggi Permudah Penemuan Obat". Dijelaskan disitu bahwa sebuah penemuan obat yang memerlukan waktu komputasi selama 50.000 tahun dapat diselesaikan dalam waktu 1 tahun jika menggunakan World Community Grid.

Banyak sekali penyakit-penyakit yang muncul didunia ini yang diakibatkan oleh virus-virus yang mungkin belum dapat disembuhkan. Proyek yang disponsori oleh IBM yang bekerja sama dengan University Texas Medical Branch (UTMB) dan University of Chicago ini bertujuan untuk membuat obat antivirusnya. Proyek ini akan memanfaatkan daya komputasi besar yang dimiliki oleh World Community Grid sebuah superkomputer virtual yang terdiri dari ratusan ribu individu yang menyumbangkan waktu komputer mereka yang menganggur sehingga membuatnya salah satu dari lima superkomputer terbesar didunia. Para periset mengestimasikan bahwa dibutuhkan waktu komputasi selama sekitar 50.00 tahun untuk menyelesaikan kalkulasi yang diperlukan untuk menemukan obat antivirus yang efektif. Dijalankan pada World Community Grid, proyek ini dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 1 tahun. Semakin banyak banyak daya komputasi yang disumbangkan,semakin cepat riset ini dapat diselesaikan.

Jika anda ingin bergabung dengan proyek ini sangat mudah, anda tinggal install aplikasi client yang dapat didownload dari http://www.worldcommunitygrid.com. Aplikasi client tersedia untuk beberapa jenis sistem operasi juga. Dan aplikasi ini bekerja hanya jika komputer anda tidak digunakan ato lagi idle (asal jangan dimatikan). Dan nantinya screensaver akan memberitahu apabila aplikasi ini sedang melaksanakan tugasnya.

World Community Grid ini, adalah grid kemanusiaan terbesar didunia memiliki lebih dari 315.000 anggota dan lebih dari 700.000 komputer. Namun demikian diestimasikan bawah pada tahun 2008 diperkirakan akan ada 1 milyar komputer yang akan terhubung. Hingga kini, sudah tujuh proyek sudah dijalankan pada World Community Grid, termasuk fightAIDS@Home yang menyelesaikan waktu 5 tahun riset HIV/AIDS hanya dalam waktu 6 bulan saja. Proyek lainnya masih berjalan.

Anda dapat berkontribusi dalam proyek kemanusiaan ini dengan mendedikasikan sebagian kecil daya komputasi komputer anda....

GBU...

(sumber tabloid komputek, www.worldcommunitygrid.com)

Comments